Minggu, 07 Oktober 2012

Sejarah Perkembangan Internet dan New Media


Dalam kehidupan manusia sudah tidak bisa lepas dengan yang namanya Internet, semua kalangan pasti mengenalnya. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang sangat besar dari berbagai segi, bisa membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor, membantu dalam mengerjakan tugas, membantu mencari referensi, membantu mencari informasi dan masih banyak lagi. Namun internet juga bisa menjadi tidak ada manfaatnya jika kita gunakan dengan tujuan yang tidak baik, jadi semua tergantung para pemakai internet (netter) itu sendiri.

INTERNET
Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan protokol yaitu TCP/IP. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang saling berhubungan yang ada di seluruh dunia. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP(Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.
Asal mula perkembangan internet bermula ketika negara Rusia pada tahun 1957 meluncurkan satelit buatan bernama Sputnik. Amerika Serikat menyadari akan kemungkinan Rusia untuk mengirimkan rudal nuklir dari satelit tersebut. Karenanya Amerika membentuk ARPA (Advance Reseacrh Project Agency) untuk membaut sebuah teknologi dalam menangkal kemungkinan serangan rudal dari Rusia.
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Internet yang dapat menyajikan informasi tanpa batas terus berkembang dari  inilah yang menjadi awal sejarah internet.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Proyek ini semakin berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

NEW MEDIA
Merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet.
Program majalah, surat kabar, buku dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.
New Media merupakan suatu alat yang sudah umum digunakan manusia dan sangat berperan penting dalam kehidupan sosial, contohnya apabila saya ingin berbicara dengan jarak yang sangat jauh sangat memungkinkan karena di zaman sekarang new media sudah banyak didapatkan mulai dari akses internet, handphone, messengger, dll.
Manfaat media yang begitu kompleks nan luas yaitu memudahkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan bukan hanya informasi tetapi yang kita cari tanpa perlu repot lagi. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia mejadi lebih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takkan berarti apa-apa. Kita ambil contoh terapan media di dunia pendidikan. Di dunia pendidikan kesemuanya sudah maju. Guru / Dosen sudah tidak lagi menulis di white / black board. Namun sudah beralih ke OHP/projector dan bahkan tak jarang sudah menggunakan proyektor mini guna penyampaian materi yang lebih interaktif. Lebih canggih lagi, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti proses belajar mengajar melalui media internet yang populer dinamakan e-learning. Tanpa perlu datang ke kampus, mahasiswa hanya perlu duduk di kursi rumah atau dimanapun mereka berada asal koneksi internet tetap terhubung.
Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebh kuat. itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal lain. Kemudian sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada model cetak dan siaran analog, seperti televisi dan radio. dua puluh tahun kemudian telah terlihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknoogi digital, seperti game internet dan video.

Komponen new media :
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.

Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
1. Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
2.  CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
3. Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
4.  Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
5.  BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer.com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

Refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar