Selasa, 01 April 2014

T.1. Game dan Berbagai Aplikasinya

Game sering kali kita temukan dalam keseharian kita. Semua kalangan familiar dengan yang namanya game. Tua, muda, anak-anak, wanita atau pria menyukai game. Apalagi dengan jaman yang semakin modern, banyak game yang dapat kita jumpai. Banyak berbagai jenis game yang kita dapat gunakan sekarang melalui handphone, playstation, komputer, atau jenis gadget lainnya. Kita sering sekali menggunakannya, tapi apakah kita tahu sebenarnya game itu apa sih? Kali ini saya akan mengulas tentang game.

Game seperti yang kita telah ketahui berasal dari bahasa inggris. Dalam bahasa indonesia, game adalah permainan. Permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Kita semua tahu kalau tujuan game adalah sebagai hiburan tetapi selain itu, game juga dapat mengasah otak kita. Pada era globalisasi yang semakin mendunia ini dan teknologi yang semakin cangggih, para pembuat game berlomba-lomba untuk menghasilkan aplikasi game yang sangat menarik hingga membuat audio visualnya menjadi lebih nyata. Sehingga, user dapat merasakan ada didalam permainan ketika user menggunakan game tersebut.

Definisi game menurut para ahli :

1.      John C. Beck & Mitchell Wade
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.

2.      Samuel Henry
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orangtua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mamu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.

3.      John Naisbitt
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

4.      Albert Einstein
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi.

5.      Ivan C. Sibero
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna elektronik saat ini.
           
Jenis-jenis atau genre game :

1.      Action Game
Biasanya genre ini sangat disenangi para lelaki, ada juga perempuan tapi game ini lebih didominasi oleh lelaki. Action game membuat usernya menjadi tertantang untuk mencobanya. Action game dapat berupa tembak-tembakan, perang, mata-mata, agent, pertarungan, dll. Contoh game ber-genre action adalah Resident Evil, Final Fight, Tekken Series, Donkey Kong, CounterStrike, dll.

2.      Adventure Game
Jenis game ini mengharuskan user memecahkan masalah. Game ini biasanya mengharuskan kita berkutik dengan otak dan strategi. Contoh game pada genre ini misalnya Dragon’s Lair, Space Ace, Night Trap, dll.

3.      Role-Playing Game
RPG mempunyai gameplay dimana karakter milik player akan berpetualang dengan skill combat atau cast spell dalam alur cerita game. Contoh game ini adalah Diablo 1&2, Rising Force, Final Fantasy Tactics, dll.

4.      Simulation Game
Genre ini bertujuan untuk memberikan pengalaman melalui simulasi. Player harus mendirikan, memperluas, atau mengelola proyek fiksi. Contoh game ini yaitu The sims, Hay Day, Monopoly Tycoon, Sims City, dll.

5.      Strategy Game
Game ini berfokus pada gameplay dimana dibutuhkan pemikiran yang tepat untuk memenangkan permainan. Contohnya Heroes of Might, Magic Series, Jagged Alliance Series, Gunbound, dll.

6.      Vehicle Simulation Game
Genre game ini merupakan simulasi yang berusaha memberikan player sebuah pengalaman realistik mengendarai kendaraan tertentu. Dalam game ini kadang kita harus mengemudikan pesawat, bus, mobil race, kapal atau helicopter. Contoh game ini biasanya padagame Need For Speed, Falcon, Rail Simulator, Mecha, Roadblaster, atau masih banyak lainnya.

Aplikasi pembuat game :

1.      Adventure Maker Free Edition
Aplikasi ini bukan hanya dapat digunakan untuk membuat game untuk PC tetapi dapat digunakan untuk game pada PSP, Ipod, dan Iphone. Adventure maker dapat dipakai untuk membuat aplikasi multimedia, virtual tours, edukasi, hingga presentasi. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Pada aplikasi ini, user hanya perlu mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik utuk menghubungkan gambar-gambar tersebut, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.

2.      Game Maker
Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagam macam game yang dapat di install pada PC. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga jika kita membuat game yang simple, kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Tetapi jika kita ingin membuat game yang lebih kompleks, maka dibutuhkan bahasa pemrograman disini.

3.      Jump Craft
Jump Craft memungkinkan kita untuk membuat game dengan mengklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Ada juga fasilitas untuk pemrograman sederhana sebagai tambahannya.



referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar