Pengertian
Desain Pemodelan Grafik
Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan
membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini
sepenuhnya dilakukan oleh comput2D saja yang hanya menggambarkan sebuah
penggambaran tampak depan, namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat
seperti nyata. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang
terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami.
Desain
grafis
Suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan
keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan
gambar, dan tata letak.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan
unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur
dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape,
bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip
dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance),
ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih
luas.
Peralatan
desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer
grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah
konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum
direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing
serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu
generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D
yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan
komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau
perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau
untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak
ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk
mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki
kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau
komputer.
Daftar
Software Desain Grafis
Desktop
publishing
Adobe Photoshop
Adobe
Illustrator
Adobe
Indesign
Page Maker
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe
Freehand
Adobe image
ready
CorelDraw
Webdesign
Macromedia
Dreamweaver
Microsoft
Frontpage
Notepad
Adobe
Photoshop
Audiovisual
Adobe After
Effect
Adobe
Premier
Final Cut
Adobe Flash,
atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video
Studio
Magic Movie
Edit Pro
Power
Director
Rendering 3
Dimensi
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google
SketchUp
Pemodelan
Membentuk
suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga
terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara
keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain,
keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang
menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain
Pemodelan Grafik
Desain
permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah
proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga
terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara
keseluruhan dikerjakan di komputer.
Berikut
adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1. Pemodelan
geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering :
memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi :
Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Kerangka
Grafik Komputer
1. Graphics
Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display
hardware(Graphics System)
2. Application
program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics
library
3. Hasil dari
interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4. Citra
merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Grafik
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan
bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta
gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu
pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain
pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi
model dan citra.
Software
Pembuat Animasi
1.
Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After
Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll
2.
Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave,
Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara,
Infini-D, Canoma dll
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses
pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah
dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan
parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dengan kata
lain memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Salah satu
contoh bentuk design pemodelan grafik
SUMBER :