Jumat, 13 Januari 2012

Pemrograman Kalkulator Dengan Java NetBeans

Hai sahabat blogger!!!
Udah lama nih ngga posting, kali ini gua bakal nulis tentang bagaimana membuat pemrograman Kalkulator sederhana. Namanya juga Kalkulator sederhana jadi ya.... sederhana bukan Scientific Kalkulator. Tapi sebelumnya gua kasih tau dulu nih, diprogram Kalkulator sederhana ini masih banyak kekurangannya. Jadi maaf ya.. sahabat blogger :).Mudah-mudahan masih tetep ngebantu walaupun sedikit. Buat sahabat blogger yang mungkin lagi bingung buat ngerjain tugas, bingung mau buat pemrograman apa?. nah disini.... mudah-mudahan juga ini bisa ngebantu buat jadi ide tugasnya. aminnn......
nah sekarang gua bakal ngejelasin bagaimana cara ngebuatnya. oia ada yang lupa!!! disini gua ngejelasin tentang pemrograman Kalkulator sederhana dengan memakai Java NetBeans.

Jadi pertama yang harus kita lakukan ya... ngebuka NetBeans IDE-nya. Nah versi yang gua pake itu NetBeans IDE 7.0.1 (just info).  Kalo udah kita buka lembar baru, caranya pilih File > New Project, seperti (Gambar 1.0.)
Gambar 1.0
Lalu akan muncul seperti (Gambar 1.1), lanjutkan dengan klik ”Next”.
Kemudian beri nama pada “Project Name” dan pada “Project Location” pilih tempat anda menyimpan sesuai dengan yang anda inginkan, namun disini saya contohkan dengan nama Kalkulator _Sederhana, setelah selesai klik “Finish” seperti (Gambar 1.2).
Setelah masuk akan muncul lembar project Kalkulator_Sederhana, kemudian klik kanan pada Java Project Kalkulator_Sederhana lalu pilih “New” > “jFrame Form” lalu beri “Class Name” yang berbeda kemudian “Finish" (gambar 1.3)

Gambar 1.2





Gambar 1.3
Lalu akan muncul seperti (Gambar 2.0) kemudian klik “TextField” untuk membuat layar kalkulator dan “jButton” untuk membuat tombol-tombol pada kalkulator setelah itu sesuaikan ukuran, jumlah tombol, serta desain yang anda inginkan. Namu disini saya contohkan dengan apa saya buat. Setelah selesai lanjutkan dengan mengganti Text pada jButton. Klik kanan > Edit Text.(Gambar 2.1)
Gambar 2.0
Gambar 2.1
Kemudian lanjutkan dengan mengganti “Change variable name” ..... dengan cmd1, cmd2, cmd3 dan seterusnya. Contoh: Button1 “Change variable name” diganti dengan cmd1, Button2 diganti dengan cmd2, Button% diganti dengan cmd3 dan seterusnya (Gambar 2.2). kemudian muncul (Gambar 2.3) lalu OK:  
Gambar 2.2
Gambar 2.3
Namun untuk mempermudah,
  • ·         pada button Text Field, Change Variable Name… nya dengan cmdtampi
  • ·         button bagi( / ), Change Variabel Name… nya dengan cmdbagi,
  • ·         button kali ( * ), Change Variabel Name… nya dengan cmdkali,
  • ·         button kurang ( – ), Change Variabel Name… nya dengan cmdkurang
  • ·         button minplus ( +/- ), Change Variabel Name… nya dengan cmdminplus,
  • ·         button samadengan ( = ), Change Variabel Name… nya dengan cmdsamadengan, dan
  • ·         button clear ( C ), Change Variabel Name… nya dengan cmdclear.

Gambar 2.4 (Contoh gambar Kalkulator_Sederhana)
Setelah semua desain selesai, kita lanjutkan dengan coding Kalkulator_Sederhana. Pertama – tama masuk pada Source Editor kemudian beri coding setelah public class KalkulatorSederhana extends javax.swing.JFrame { Dengan coding:
String angka;
Double total,angka1,angka2;
int pilih;
Lalu beri coding juga setelah /** Creates new form KalkulatorSederhana */
Dengan coding:
public KalkulatorSederhana() {
initComponents();
angka=”";
(Contoh gambar 3.0) 
Gambar 3.0
Jika sudah kita lanjutkan dengan meng-coding komponen-komponen yang ada di Kalkulator_Sederhana. Caranya double klik pada salah satu tombol pada desain, contoh tombol 0 (seperti gambar 3.1) ..... maka akan masuk ke source editornya. Setelah itu tulis coding dibawah private void cmd0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) { Dengan coding:
angka +=”0″;
tampil.setText(“0″);
}
  • NB: untuk menuliskan coding, “// TODO add your handling code here:” dihapus terlebih dahulu kemudian tulis coding-nya di tempat tersebut.
(seperti gambar 3.2).
Gambar 3.1
Gambar 3.2
tampil.setText(“0″); untuk menampilkan angka 0 pada layar Kalkulator_Sederhana. Dan lakukan yang sama pada angka 0,1,2,...,9 dengan coding yang sama juga namun dibedakan pada :
angka+=”0″;
tampil.setText(“0″);
Contoh Button 1:
(coding-nya) :
angka +=”1″;
tampil.setText(“1″);
Lakukan sama seperti yang di jelaskan di atas pada button yang lain sesuai dengan angkanya. 
Untuk (+), (-), (*), (/), (C), dan (=) codingnya berbeda dengan coding untuk angka seperti yang dijelaskan diatas namun untuk masuk ke Source Editor-nya sama, caranya double klik pada button yang akan di beri coding. Jika sudah paham kita lanjutkan dengan meng-codingnya. 
  • Button (+), Caranya tulis coding dibawah 
private void cmdtambah ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) { Dengan coding:
angka1=Double.parseDouble(angka);
tampil.setText("+");
angka="";
pilih=1;
(seperti gambar 3.3)
Gambar 3.3
  • Button (-), Caranya tulis coding dibawah
private void cmdkurang ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) { Dengan coding:
angka1=Double.parseDouble(angka);
tampil.setText("-");
angka="";
pilih=2;
(seperti gambar 3.4)
Gambar 3.4


Button (*), Caranya tulis coding dibawah
private void cmdkali ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) {
Dengan coding:
angka1=Double.parseDouble(angka);
tampil.setText("*");
angka="";
pilih=3;
(seperti gambar 3.5)

Gambar 3.5
 
·         Button (/), Caranya tulis coding dibawah
private void cmdbagi ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) {
Dengan coding:
angka1=Double.parseDouble(angka);
tampil.setText("/");
angka="";
pilih=4;
(seperti gambar 3.6)

Gambar 3.6
  Button (=), Caranya tulis coding dibawah
private void cmdsamadengan ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent.evt) {
Dengan coding:
switch(pilih)
{
   case 1:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
total = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(total);
tampil.setText(angka);
break;
  case 2:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
total = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(total);
tampil.setText(angka);
break;
  case 3:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
total = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(total);
tampil.setText(angka);
break;
 
  case 4:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
total = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(total);
tampil.setText(angka);
break;
default:
break;
}
(seperti gambar 3.7)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar